Ringkasan Java
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat
berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya
(C++, Ada, Simula). Java diciptakan oleh James Gosling, developer dari Sun
Microsystems pada tahun 1991.
Karakteristik Java antara lain :
- Sederhana (Simple)
- Berorientasi Objek (Object Oriented)
- Terdistribusi (Distributed)
- Interpreted
- Aman (Secure)
- Architecture Neutral
- Portable
- Performance
-
Dinamis
Macam-macam Java 2 Software Developer Kit (J2SDK) antara lain :
- J2SE (Java 2 Standard Edition)
- J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
-
J2ME (Java 2 Micro Edition)
Dasar - Dasar Dalam Pemrograman Java :
1.
Kata
Kunci Simpanan (Keywords)
Kata kunci
simpanan adalah identifier khusus yang disimpan oleh bahasa Java untuk
mengendalikan bagaimana program didefinisikan. Kata kunci ini digunakan untuk mengenali
tipe-tipe, pengubah, dan mekanisme pengaturan aliran program. Kata kunci ini hanya
dapat digunakan untuk fungsi tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai
identifier nama suatu variabel, class dan method. Sampai denga Versi 1.0
terdapat 59 kata kunci seperti terlihat dalam tabel :
2.
Identifier
Digunakan untuk
nama class, method, dan variabel. Suatu variabel dapat berupa urutan tertentu
huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar. Tidak boleh diawali
oleh angka dan bersifat case sensitive.
3.
Tipe
Data
Java merupakan contoh bahasa yang strongly typed language. Hal ini
berarti bahwa setiap variabel harus memiliki tipe yang sudah dideklarasikan.
Terdapat 8 tipe primitif, 6 diantaranya adalah tipe bilangan ( 4 tipe integer,
2 tipe floating point), 1 tipe karakter char, digunakan mengawa-sandi (encode)
Unicode, dan 1 tipe boolean.
·
Integer
·
Floating Point
·
Char
·
Boolean
Tipe boolean memiliki nilai true dan false. Tipe ini digunakan
untul logical testing dengan menggunakan operator relasional.
4.
Literals
Literals adalah tanda
bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam-macam literals dalam Java
adalah : Integer Literals, Floating-Point Literals, Boolean Literals, Character
Literals dan String Literals.
5.
Variabel
Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek.
Variable juga dibagi 2 yaitu: Variabel Reference dan Variabel Primitif.
Variabel primitif adalah variabel dengan tipe data primitif. Mereka menyimpan
data dalam lokasi memori yang sebenarnya dimana variabel tersebut berada. Variabel
Reference adalah variabel yang menyimpan alamat dalam lokasi memori. Yang menunjuk ke lokasi memori dimana data
sebenarnya berada. Ketika Anda mendeklarasikan variabel pada class tertentu,
Anda sebenarnya mendeklarasikan reference variable dalam bentuk objek dalam
classnya tersebut.
6.
Operator
Dalam Java, ada beberapa tipe operator. Ada operator aritmatika,
operator relasi, operator logika, dan operator kondisi. Operator ini mengikuti
bermacam-macam prioritas yang pasti sehingga compilernya akan tahu yang mana
operator untuk dijalankan lebih dulu dalam kasus beberapa operator yang dipakai
bersama-sama dalam satu pernyataan.
Perintah-Perintah
Dalam Java
1. Struktur Kontrol Kondisi (Pemilihan)
Struktur
kontrol adalah suatu statement yang akan
dieksekusi dengan pernyataan yang dianggap benar. Sedangkan Struktur kontrol
pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untuk
memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang
lain.
·
Statement
if-else
Pernyataan if-else
digunakan apabila kita ingin mengeksekusi
beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan
kondisi false.
·
Statement
switch
Cara lain untuk membuat cabang adalah
dengan menggunakan kata kunci switch. Switch
mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.
2. Struktur Kontrol Perulangan
Struktur
kontrol perulangan adalah berupa
pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk mengeksekusi blok
code berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang diinginkan.
Ada tiga macam jenis dari struktur kontrol
pengulangan yaitu while, do-while, dan for-loops.
·
Do-while
loop mirip dengan while-loop.
Pernyataan di dalam do-while
loop akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar(true). Perbedaan
antara while dan do-while loop adalah dimana pernyataan di dalam do-while loop
akan dieksekusi sedikitnya satu kali.
·
Pernyataan
for loop memiliki kondisi hampir mirip
seperti struktur pengulangan sebelumnya yaitu
melakukan pengulangan untuk mengeksekusi kode
yang sama sebanyak jumlah yang telah ditentukan.
3. Struktur Kontrol Percabangan
Struktur control percabangan
adalah berupa pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk mengatur aliran
eksekusi program terutama pada blok perulangan. Java memberikan tiga bentuk
pernyataan percabangan, yaitu break, continue, dan return.
·
Break digunakan untuk menghentikan proses yang sedang berjalan.
·
Continue merupakan kebalikan dari pernyataan break. Continue akan
melanjutkan eksekusi perulangan apabila kondisi continue terpenuhi dan
mengabaikan statement dibawahnya.
·
Return digunakan untuk keluar dari sebuah method.
4. Array
Array adalah variabel yang sering menggunakan
sebuah tipe data beserta nama variabel atau
identifier anunik. Apabila kita ingin menggunakan
variabel tersebut, kita akan memanggil dengan nama identifier-nya.
bedakan menjadi dua yaitu: satu dimensi (variable[]) dan multidimensi
(variable[][]).
Indeks adalah sebuah angka yang menyatakan urutan sebuah elemen
pada suatu variabel array. Sebuah variabel array sesungguhnya adalah sejumlah variabel
berbeda dengan nama sama, namun memiliki nomor indeks yang unik untuk
membedakan setiap variabel tersebut.
5. Class dan Object
·
Perbedaan
Class dan Object
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu
instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan
kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke
object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle,
Tree, Fruit dan lain-lain.
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class
itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang,
Apel dan lainlain.
·
Instansiasi
Class
Untuk membuat object, kita
menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat
sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new Pegawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari
class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah
operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class
Date().
· Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Fruit terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan berat misalkan 0.25 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg
· Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Fruit terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan berat misalkan 0.25 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg
6. Method
Di dalam Java, kita dapat
mendefinisikan banyak method yang akan kita panggil dari method yang berbeda.
Sebuah method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh
program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik.
untuk mengilustrasikan bagaimana memanggil method, mari kita menggunakan class
string sebagai contoh. Anda dapat menggunakan the dokumentasi dari Java API
untuk melihat semua method yang tersedia dalam class string. Selanjutnya, kita
akan membuat method, kita sendiri. Tapi untuk saat ini, mari terlebih dahulu
kita gunakan method yang sudah disediakan oleh Java.
Pemberian Variabel Dalam Method
·
Pass-by-Value
Ketika pass-by-values terjadi,
method membuat sebuah salinan dari nilai variable yang
dikirimkan ke method. Walaupun demikian,
method tidak dapat secara langsung memodifikasi nilai
variabel pengirimnya meskipun parameter salinannya sudah dimodifikasi nilainya
di dalam method.
·
Pass-by-reference
Ketika sebuah pass-by-reference
terjadi, alamat memori dari nilai pada sebuah variabel dilewatkan pada saat
pemanggilan method. Hal ini berarti bahwa method menyalin alamat memori
dari variabel yang dilewatkan pada method. Ini tidak seperti pada
pass-by-value, method dapat memodifikasi variabel asli dengan menggunakan
alamat memori tersebut, meskipun berbeda nama variabel yang digunakan dalam
method dengan variabel aslinya, kedua variabel ini menunjukkan lokasi dari data
yang sama.
·
Method
static
Method Static adalah method yang dapat dipakai tanpa harus
menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih
dahulu). Method static hanya dimiliki oleh class dan tidak dapat digunakan oleh
instance (atau objek) dari suatu class. Method static dibedakan dari method
yang dapat instance di dalam suatu class oleh kata kunci static.
Contoh
: pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
Overloading
adalah membuat 2 atau lebih method dengan strutur yg sama, kecuali parameter
input yg berbeda satu sama lain.
Overriding
adalah kemampuan subkelas untuk memodifikasi data dan method yang dimiliki oleh
kelas super.
7. BufferedReader dan Scanner
Pada bagian ini, kita akan
menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk
mendapatkan input dari keyboard yang hanya berbentuk string dan sedangkan
scanner yang berada dalam package java.util untuk input keyboard yang
berbentuk angka. Java Application Programming Interface (API) berisi
ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk
program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages
berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh di atas, java.io package mengandung
class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan
output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis sebagai (import java.io.*; )
dalam program.
8. Exception
Exception adalah sebuah peristiwa yang menjalankan alur proses normal pada
program. Peristiwa ini biasanya berupa kesalahan(error) dari beberapa bentuk.
Ini disebabkan program kita berakhir tidak normal. Beberapa contoh dari
exception yang Anda mungkin jumpai pada latihan-latihan sebelumnya adalah:
exception ArrayIndexOutOfBounds, yang terjadi jika kita mencoba mengakses
elemen array yang tidak ada, atau NumberFormatException, yang terjadi ketika
kita mencoba melalui parameter bukan angka dalam method Integer.parseInt.
Deklarasi Class adalah nama yang tepat dan tuliskan seluruh
informasi atau properti yang di inginkan anda. Dalam deklarasi atribut memiliki
beberapa jenis yaitu: Instance Variable dan Class Variable atau Static Variables
Deklarasi method memiki beberapa jenis yaitu: Accessor Methods, Mutator Methods, Multiple Return Statements, dan Static Methods
Deklarasi method memiki beberapa jenis yaitu: Accessor Methods, Mutator Methods, Multiple Return Statements, dan Static Methods
9. Casting, Converting dan Comparing Objects
Pada bagian ini, kita akan belajar
bagaimana mengunakan typecasting. Typecasting atau casting adalah proses
konversi data dari tipe data tertentu ke tipe data yang lain. Kita juga akan
belajar bagaimana mengkonversi tipe data primitif ke obyek dan sebaliknya.
Kemudian, pada akhirnya kita akan belajar bagaimana membandingkan sebuah obyek.
Dibedakan menjadi beberapa yaitu: Casting Tipe data Primitif, Casting Obyek,
Convert Tipe Primitive ke Object Dan Sebaliknya, Membandingkan dua Obyek, dan
Menentukan Class dari sebuah Object
10. Pewarisan / Inheritance
Pewarisan adalah keuntungan besar
dalam pemrograman berbasis object karena suatu sifat atau method didefinisikan
dalam superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses.
Jadi, Anda dapat menuliskan kode method hanya sekali dan mereka dapat
digunakan oleh semua subclass. Subclass
hanya perlu mengimplementasikan perbedaannya sendiri dan induknya dibagi
menjadi beberapa bentuk yaitu: Mendefinisikan Superclass dan Subclass, Kata
Kunci Super, Overriding Method, dan Method final dan class final.
11. Abstract Class
Sebuah class abstract adalah
class yang tidak dapat di-instantiate. Seringkali muncul di atas hirarki class
pemrograman berbasis object, dan mendefinisikan keseluruhan aksi yang mungkin
pada object dari seluruh subclasses dalam class. Method ini dalam class
abstract yang tidak mempunyai implementasi dinamakan method abstract. Untuk
membuat method abstract, tinggal menulis deklarasi method tanpa tubuh class dan
digunakan menggunakan kata kunci abstract.
12. Polimorfisme
Polimorfisme adalah modul yang mempunyai nama
yang sama, namun mempunyai parameter yang berbeda. Contoh yang menunjukkan
properti polimorfisme adalah ketika kita mencoba melalui reference ke method.
Misalkan kita punya method static
printInformation yang mengakibatkan object Person
sebagai reference, kita dapat me-reference dari
tipe Employee dan tipe Student ke method ini selama itu masih subclass dari
class Person. Kemampuan dari reference untuk mengubah sifat menurut object apa
yang dijadikan acuan dinamakan polimorfisme. Polimorfisme
menyediakan multiobject dari subclasses yang
berbeda untuk diperlakukan sebagai object
dari superclass tunggal, secara otomatis menunjuk
method yang tepat untuk menggunakannya ke
particular object berdasar subclass yang termasuk di dalamnya.
13. Interface
Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan
sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa
memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk
mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan
catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme,
dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari
method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil
method interface.
14.
Encapsulation
Dalam bahasa
pemrograman Java, enkapsulasi sering disebut sebagai proteksi hak akses suatu
class atau method. Enkapsulasi itu sendiri merupakan sebuah pelindung atau
dapat disebut juga sebuah pembungkus program atau data yang akan kita buat
dalam pemrograman java. Nah, enkapsulasi tersebut terdiri dari tiga jenis yaitu
PUBLIC, PROTECTED, dan PRIVATE.
·
Public
Merupakan kata kunci yang digunakan
dalam java yang memungkinkan setiap variabel dan method yang
di deklarasikan dalam class public dapat di akses oleh semua class yang sama,
subclass atau non subclass yang sama di package yang sama, subclass dan non
subclass di package yang berbeda.
·
Protected
Merupakan kata kunci yang di
deklarasikan untuk memproteksi suatu class agar setiap variabel dan method yang
dideklarasikan tidak dapat di akses oleh non subclass di dalam package yang
sama. Dalam class protected, yang dapat mengakses variabel dan method nya
adalah jika methodnya berada pada classnya sama, subclass dan non sub yang sama
di package yang sama, dan subclass di package yang berbeda.
·
Private
Merupakan kata kunci yang dideklarasikan dalam suatu class agar setiap
variabel dan method yang berada dalam class private ini hanya dapat diakses
oleh class yang sama. Didalam bahasa pemgrograman java class yang bersifat
private memproteksi agar semua variabel dan methodnya tidak dapat di akses oleh
semua subclass dan non subclass di package yang sama, dan subclass dan non
subclass di package yang berbeda.
15.
String
Dalam pemrograman Java string merupakan aspek penting, karena dapat
mempelajari mengenai class dan objek melalui penggunaan string. String
sebenarnya merupakan class yang terdapat dalam library Java. Java String
merupakan salah satu kelas dasar yang disediakan oleh Java untuk memanipulasi
karakter. Untuk mendeklarasikan string adalah dengan menggunakan tanda kutip
dua ( “ “ ).
Operasi-Operasi Pada String
-
concat(str) : digunakan untuk mengabungkan 2 buah
string string.
-
isEmpty() : digunakan untuk mengecek apakah string
kosong atau tidak.
-
trim() : digunakan untuk membuang spasi
di sebelah kiri dan kanan string.
-
length() : digunakan untuk menghitung banyak
karakter dalam string.
-
equals(str) : digunakan untuk membandingkan 2 buah
string.
-
Indexof() : digunakan
untuk mengambil index yang ada pada karakter.
-
substring(<awal>,
<akhir>) : digunakan untuk mengambil
substring dari string.
-
charAt(<index>) : digunakan untuk mengambil
karakter yang ada pada index.
-
lastIndexOf(kar) :
digunakan untuk mencari index terakhir dari string yang mengandung karakter.
-
equalsIgnoreCase(str) : digunakan untuk membandingkan
string dengan str, tidak membedakan
huruf besar dan kecil.
-
copyValueOf(arr_char) : digunakan untuk membentuk string dari
array karakter.
-
replace(<old>,
<new>) : digunakan untuk
mengganti <old> menjadi <new>.
16.
Exception
Tiada program yang sempurna, dan
tiada pengguna program yang juga sempurna. Oleh karena itu, diperlukan suatu
mekanisme yang membantu menangani error atau kesalahan yang terjadi, baik saat
pembuatan maupun implementasi program. Java menyediakan mekanisme dalam
pemrograman untuk menangani hal-hal tersebut yang disebut dengan exception.
Exception adalah event yang terjadi ketika program menemui kesalahan pada saat
instruksi program dijalankan.
·
Blok Try –
Catch
Untuk penanganan exception, dalam Java digunakan blok try dan
catch. Blok try digunakan untuk menempatkan kode-kode program Java yang
mengandung kode program yang mungkin melemparkan exception. Blok catch
digunakan untuk menempatkan kode-kode program Java yang digunakan untuk
menangani sebuah exception tertentu. Sintaks blok try – catch adalah sebagai
berikut :
Try
{
... kode program yang mungkin menghasilkan exception
}
Catch {exception xx}{...}
Catch {exception xx}{...}
·
Objek Exception
Objek exception yang dihasilkan dapat kita manfaatkan untuk
mengetahui lebih lanjut mengenai error atau exception yang terjadi. Exception
merupakan subclass dari class Throwable yang mendefinisikan beberapa method
yang juga diwarisi oleh exception.
Tiga method yang penting adalah :
-
getMessage()
Method ini mengembalikan isi pesan untuk menggambarkan exception
yang terjadi.
-
printStackTrace()
Method ini menampilkan pesan error dan stack trace ke standard
error output stream yang biasanya merupakan konsol windows apabila program merupakan
program konsol.
-
printStackTrace(PrintStream
s)
Method ini menampilkan pesan error ke objek PrintStream yang
dijadikan parameter. Apabila ingin menampilkan pesan ke konsol, kita dapat
menggunakan System.out sebagai parameter.
·
Blok Try –
Catch – Finally
Selain try – catch, kita dapat mendefinisikan blok try – catch dan
finally yang memiliki proses yang lebih lengkap, karena pada finally kita dapat
mendefinisikan kode program yang selalu dieksekusi, baik ada exception yang
terjadi maupun bila tidak terjadi exception sama sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar