Sudah Diliat..

Senin, 05 Maret 2012

SEJARAH WORD PROCESSOR


                                                 SEJARAH WORD PROCESSOR
 

Sejarah perangkat lunak pengolah kata (word processor) dari dulu sampai sekarang terutama andalan dari Microsoft yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Pada awalnya Word Processor bukan berasal dari teknologi komputer, tetapi merupakan evolusi dari kebutuhan penulis yang menggunakan mesin tik. Lalu secara perlahan Word Processor berpindah dari mesin tik menjadi mesin komputer.
 
             Awal mula Word Processor adalah tahun 1867 saat Chrishthoper Latham Sholes menemukan mesin tik. Mesin ini pada awalnya memiliki beberapa kekurangan antara lain penulis tidak dapat melihat hasil ketikan secara langsung dan adanya kesulitan akan penempatan tuts yang digunakan untuk kembali pada posisi semula. Hal ini yang menyebabkan terjadinya evolusi pada mesin tik.

            Pada beberapa tahun kemudian ditemukanlah sebuah komputer yang dapat melakukan Word Processing. Istilah Word Processor diperkenalkan oleh IBM pada akhir 1960-an, dimana istilah ini didefinisikan oleh IBM sebagai “the combination of people, procedures, and equipment which transform ideas into printed communications”, ( kombinasi antara orang, prosedur, dan peralatan yang mengubah ide-ide menjadi komunikasi tercetak).

            Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada tanggal 1 Februari 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Perusahaan Microsoft juga merilis Word untuk Machintosh, meski memiliki banyak perbedaan dengan Word pada versi IBM PC tapi program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.

            Pencipta Microsoft Word, Charles Simonyi, pada awalnya ingin menawarkan sebuah program pengolah kata yang saat itu dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Pada akhir 1989, Word for Windows diluncurkan. Dengan konsep “What You See Is What You Get” atau WYSIWYG-nya, Microsoft menghasilkan penjualan yang fantastis. Hingga saat ini Microsoft mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata didunia.

                Microsift Excel adalah salah satu software jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft. Sebelum akhirnya bernama Excel, aplikasi ini bernama Multiplan yang dirilis pada tahun 1982, untuk system CP/M. Waktu itu belum dirilis versi MS-DOS karena sudah ada aplikasi sejenis yakti Lotus 1-2-3. Pada tahun 1985 Excel pertama kali dirilis untuk system Machintosh klasik, baru pada tahun 1987 versi Excel untuk Windows2.0 dirilis.

            Microsift Excel pada waktu itu menjadi program spreadsheet yang memiliki banyak keunggulan disbanding program sejenis yang lain, tampilan Excel (sheet and cell) dapat dirubah-rubah propertinya sesuai dengan selera pengguna. Versi terbaru Microsoft Excel untuk Windows saat ini adalah versi 14 (Office 2010) sedangkan untuk Machintosh adalah versi Microsoft Office 2008, hal yang paling kontras membedakan versi 2010 (dan juga 2007) dengan Excel sebelumnya adalah tampilan menu-nya yang disebut ribbon (Excel 2007) atau TAb (Excel 2010), yang akan menyesuaikan dengan aktifitas penggunanya. Dan sampai saat ini Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet didunia.



03.03.2012                           21.15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar