Sudah Diliat..

Sabtu, 03 Maret 2012

Pernikahan Adat Betawi


Tradisi Pernikahan Adat Betawi

“Dor.. dor..tar..ter.. torr.. BUMM!!”.. iringan rombongan mempelai lelaki memasuki area rumah keluarga pengantin perempuan, lengkap dengan bebawan (aka. hantaran) perkawinan termasuk mahar dan dua buah roti buaya dengan diiringi oleh ondel-ondel, tanjidor serta marawis (rombongan pemain rebana menggunakan bahasa arab). 
Mempelai lelaki berjalan sambil menuntun kambing yang merupakan ciri khas keluarga betawi dari Tanah Abang. Dalam tradisi lengkap, sebelum rombongan mempelai lelaki memasuki rumah mempelai perempuan untuk prosesi ijab-kabul pernikahan, lebih dahulu dilakukan pertunjukan pencak silat betawi sambil berbalas pantun antara “jawara” yang mewakili pihak keluarga kedua mempelai, prosesi ini oleh masyarakat betawi dimakan prosesi “Buka Palang Pintu”. 
Prosesi tersebut dimaksudkan sebagai ujian bagi mempelai lelaki sebelum diterima sebagai calon suami yang akan menjadi pelindung bagi mempelai perempuan sang pujaan hati. Uniknya, dalam setiap pertarungan silat, pihak mempelai wanita pasti dikalahkan oleh “jawara” calon pengantin lelaki.

Begitulah kira-kira gambaran tradisi pernikahan ala betawi yang selalu meriah dan penuh warna-warni. Suku Betawi sangat mencintai kesenian, salah satu ciri khas kesenian mereka yaitu tanjidor yang dilatar belakangi dari budaya belanda, selain itu betawi memiliki kesenian keroncong tugu yang dilatar belakangi dari budaya Portugis-Arab, kesenian gambang kromong yang dilatar belakangi dari budaya Cina. Untuk adat prosesi pernikahan betawi, ada banyak serangkaian prosesi. Dan puncaknya adalah Akad Nikah.

Pada saat prosesi akad nikah, rombongan mempelai lelaki memberikan hantaran berupa :

1.     Sirih, gambir, pala, kapur dan pinang artinya segala pahit, getir, dan manisnya kehidupan rumah tangga harus dijalani bersama antara suami dan istri.
2.     Maket Mesjid, maksudnya adalah agar mempelai wanita tidak lupa akan kewajibannya kepada agama dan harus menjalani shalat serta mengaji.
3.     Kekudung, berupa barang kesukaan mempelai wanita misalnya salak condet, jamblang, dan sebagainya.
4.     Mahar atau mas kawin dari pihak pria untuk diberikan kepada mempelai wanita.
5.     Pesalinan berupa pakaian wanita seperti kebaya encim, kain batik, kosmetik, sepasang roti buaya. Buaya merupakan pasangan yang abadi dan tidak berpoligami serta selalu mencari makan bersama-sama.
6.     Petise yang berisi sayur mayur atau bahan mentah untuk pesta, misal : wortel, kentang, bihun, buncis dan sebagainya.

Acara berlanjut dengan pelaksanaan akad nikah. Yang kemudian dilanjutkan dengan penjemputan pengantin wanita. Selanjutnya, kedua pengantin dinaikkan ke dalam sebuah delman yang sudah dihias dengan masing-masing seorang pengiring. Delman tersebut ditutupi dengan kain pelekat hitam sehingga tidak kelihatan dari luar. Akan tetapi, dengan kain pelekat hitam yang ditempelkan pada delman, maka orang-orang mengetahui bahwa ada pengantin yang akan pergi ke penghulu.
Pada hari pesta pernikahan, baik pengantin lelaki maupun pengantin perempuan, mengenakan pakaian kebesaran pengantin dan dihias. Dari gaya pakaian pengantin Betawi, ada dua budaya asing yang melekat dalam prosesi pernikahan. Pengantin pria dipengaruhi budaya Arab. Sedangkan busana pengantin wanita dipengaruhi adat Tionghoa. Demikian pula dengan musik yang meramaikan pesta pernikahan. 

 



 
04.03.2012                           09.18

2 komentar:

  1. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE (Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana atau Bridal, Entertainment, Photography, WO, Wedding Car). Pernikahan kalian akan bergaya elegant seJakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 10 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    BalasHapus
  2. Halo para calon pengantin, mau menikah di gedung mewah tanpa ribet dan budget oke? HIS GRAHA ELNUSA jawabannya! Hijau Indah Selaras Wedding Venue & Organizer bakal bikin mimpi kamu jadi nyata. Kami menyediakan ALL IN WEDDING PACKAGE, gak perlu khawatir karena kita sudah cover :
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full Karpet)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Wedding Planner
    - MC + Buku Tamu
    - Mobil Pengantin Alphard

    Gak cuma itu, kamu juga bakal dapet banyak bonus seperti HONEYMOON ke LABUAN BAJO 3D2N + VOUCHER FLIGHT 10JT dan 200 PORSI FOODSTALL MILLENIALL seperti BASKIN ROBINS, HONGTANG, atau SUSHI TEI. Book your date! Whatsapp : 087884761964, Email : alifahnisa.hiscorp@gmail.com

    BalasHapus