Sudah Diliat..

Senin, 28 November 2011

SETITIK NASIONALISME


 

Tulisan ini saya buat buat untuk melengkapi tugas dari dosen Ilmu Sosial Dasar. Narasi ini dibuat berdasar film berjudul “Setitik Nasionalisme”, film yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa kreatif dari Universitas Gunadarma.

            Pada suatu hari disebuah desa, seorang anak bahagia luar biasa karena dia mendapat kiriman surat dari sebuah Universitas ternama yaitu Gunadarma. Isi dari surat itu adalah sebuah beasiswa yang diberikan oleh Universitas Gunadarma untuk dia. Dia merasa bahagia, segera setelah dia menerima surat itu dia bilang kepada orang tuanya dan saat orang tuanya mendengar kabar yang baik itu mereka berdua langsung melakukan sujud syukur.
            Beberapa hari setelah itu dia berangkat ke kota untuk menuntut ilmu di Universitas Gunadarma. Dia menyewa sebuah kamar kos untuk tempat tinggal dia sementara selama kuliah di kampus itu. Kehidupan dikampus sangat menyenangkan dia pandai bergaul dan banyak mempunyai teman.
            Suatu hari saaat berada dikamar kosan, dia mendapat kabar dari desa bahwa teman baiknya mendapat kecelakaan. Dilain sisi dia juga harus membeli bendera merah putih karena berdekatan dengan hari itu adalah hari kemerdekaan Indonesia.  Konflik ini terjadi saat dua kepentingan berbenturan karena dua kebutuhan itu sangat mendesak dan membutuhkan uang yang banyak, padahal uang kiriman dari orang tuanya hanya cukup untuk kehidupan sehari-harinya.
Singkat cerita..
Berkat prestasi yang dia dapatkan, dia dapat mengatasi masalah tersebut. Dia dapat membanggakan kedua orang tuanya dengan membawa bendera Merah Putih pulang ke desanya dan juga sembari menjenguk temannya yang kecelakaan itu. Saat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan dia bersama anak-anak didesanya melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih.
            Dengan semangat nasionalisme yang tinggi, dia telah membuktikan bahwa nasionalisme ada dalam diri setiap warga Negara Indonesia tergantung dari diri manusia itu sendiri. Bahwa rasa nasionalisme itu akan tumbuh yang dimulai dari setitik. SEKIAN..

**        Menurut saya tema dari film tersebut sudah bagus yaitu mengangkat tentang nasionalisme dari anak kuliahan. Tetapi isi film kurang begitu pas sehingga antara bagian satu dengan bagian yang lain agak tidak nyambung. Begitulah kiranya komentar dari saya tentang film tersebut, terima kasih..
http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/video.php?file_video=Setitik-Nasionalisme.flv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar