Sudah Diliat..

Minggu, 16 Oktober 2011

Rindu Masa Kecilku..


Saya adalah anak dari tiga bersaudara. Terlahir dari rahim ibuku selama kurang lebih 9 bulan 10 hari, 22 tahun yang lalu. Keluarga kami sederhana, keluarga yang tidak berlebih maupun kekurangan. Namun dibalik kesederhanaan itu, kami hidup bahagia. Saya dibesarkan oleh orang tua yang hebat. Ibuku seorang ibu rumah tangga biasa, tidak ada sedikitpun kekurangan dari dirinya. Lembut dan penyabar, aku diajarkan kasih sayang olehnya. Bapakku seorang guru, kami semua menghormati beliau. Beliau mengajarkan banyak hal kepada kami, mulai dari sopan santun, keujuran dan menjaga nama baik keluarga. Itulah pesan bapak kepada kami ketika kami masih kecil.

Masa kecil memang menyenangkan, sebuah kebebasan yang selalu bisa kita nikmati di setiap harinya, ingin makan tinggal ambil tidak peduli harus memikirkan setelah ini mau apa, mau tidur tinggal tidur tidak peduli besok punya rencana apa, besok mau kerja apa.

Sebuah kebebasan yang saat ini sangat saya rindukan di sela-sela kesibukan sebagai seorang mahasiswa yang dijejali oleh banyak tugas. Waktu bermainpun harus rela dikorbankan demi praktek-praktek yang memusingkan. Ingin tidur harus mengatur waktu kalau tidak ingin besok kuliah sambil mata merem dan mulut terus menguap, bagun harus bergegas menyambut hari dengan rutinitas dan tas punggung berisi laptop yang berat, sepertinya semua ini amat menjemukan.

Bagi sebagian besar manusia, masa kecil adalah masa yang paling menyenangkan. Masa kecil adalah masa di mana manusia lebih banyak tertawa dan gembira dibanding masa dewasa. Masa kecil merupakan awal kehidupan kita yang seolah-olah tanpa masalah tanpa beban yang membuat kita sangat bahagia di masa kecil. Masa dimana kita masih dimanja oleh orang tua, selalu diperhatikan dan juga sebagian besar keinginan atau permintaan kita selalu dipenuhi orang tua kita.

Sekarang, siapa yang akan memanjakan kita? Memperhatikan pola makan atau kebersihan kamar kita? Sekarangpun kita pasti malu untuk meminta sesuatu kepada orang tua kita.

Saya merasa rindu dengan masa kecilku dulu masa yang tidak akan pernah saya lupakan dan kini saya hidup dengan kondisi yang berbeda. Aku hidup didunia yang sangat kontras. Dunia yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya, semua sudah berubah. Suasana desa yang menjadi kampung halamanku dulu dimana orang-orangnya sangat ramah dan udaranya pun bersih. Tetapi sekarang saya tinggal dipinggiran kota Jakarta, kota yang padat dan keras, udaranya juga kotor. Tapi ya itulah yang harus saya jalani saya harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang tidak biasa ini, bangkit sendirian ketika terpuruk dan jangan sampai di nina bobokan oleh masa kecilku.

Masa kecil memang indah, tetapi kita tidak akan pernah kembali ke masa itu lagi. Sekarang saya sudah dewasa, sedang mencoba untuk mencari jati diri saya. Keinginan saya saat ini adalah lulus kuliah tepat waktu, berat memang dan harus banyak pengorbanan dan usaha. Tapi, sebisa mungkin aku akan nikmati masa-masa kuliahku. Aahh.. aku rindu masa-masa itu….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar